Pages

Translate

Makna material Plastik

Makna Material Plastik Kemasan Minuman Bagi Konsumen


Apabila Anda sering mengkonsumsi minuman dalam kemasan gelas plastik, pasti Anda sering menemukan kode jenis plastik yang digunakan pada kemasan gelas tersebut, misalnya PP dan PET. Apabila Anda masih termasuk awam dalam hal material atau teknik pengemasan produk, mungkin Anda sesekali akan mempertanyakan, ”Apa sih manfaat dari mengetahui jenis plastik kemasan bagi saya sebagai seorang konsumen?”

Jawabannya singkat saja: apabila Anda mengetahui spesifikasi plastik dari kemasan minuman yang Anda konsumsi, Anda dapat mengetahui pola penggunaan yang paling ideal.
Contohnya, dengan mengetahui bahwa plastik jenis polypropylene (PP) memiliki titik leleh yang tinggi dan lebih tahan uap, Anda kemudian dapat menyimpulkan bahwa botol plastik jenis tersebut ideal untuk pengisian bahan panas.
Selain faktor fungsi dan penggunaan, Anda juga bisa mengetahui apakah produsen dari produk yang Anda konsumsi peduli terhadap kelestarian lingkungan atau tidak.
Produsen yang berpikiran jauh ke depan pasti tahu bahwa pemilihan material kemasan tidak hanya berhubungan dengan fungsinya sebagai wadah. Kemasan yang ideal juga harus menggunakan material yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.
Saat ini, popularitas plastik jenis Polyethylene Terephthalate – biasa disingkat PET atau PETE – semakin meroket di antara produk-produk minuman dalam kemasan. Tentu saja trend ini tercipta berkat keunggulan plastik PET itu sendiri: mudah didaur ulang.




Kesimpulannya, alangkah baiknya apabila kita sebagai konsumen juga mulai membiasakan diri untuk mencermati spesifikasi dari kemasan produk yang kita konsumsi, dan memilih produk favorit berdasarkan wawasan lingkungan produsennya, yang salah satunya tercermin dari pilihan material kemasannya.
Sumber: